Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Pemerintah Peduli: Pemerintah Desa Cirangkong membagikan BLT-DD pada Warga yang Membutuhkan

Pemerintah Peduli: Pemerintah Desa Cirangkong membagikan BLT-DD pada Warga yang Membutuhkan

Salah satu upaya pemerintah dalam menekan kemiskinan bagi warga yang kurang mampu dan tidak menerima bantuan dari pusat adalah dengan memberikan Bantuan Langsung Tunai melalui Dana Desa (BLT-DD). BLT-DD ini diberikan kepada 56 warga yang memenuhi kriteria di Kantor Desa Cirangkong pada Selasa, 12 September 2023.
Tak hanya diberikan di kantor desa, bagi penerima yang memiliki keterbatasan fisik untuk hadir di kantor desa, perangkat desa akan datang kerumah yang bersangkutan untuk memberikan BLT-DD tersebut. BLT-DD yang diterima oleh warga adalah sebesar RP. 900.000 per tiga bulan.

Saadah mengatakan, terkait rantai proses penyaluran BLT,  desa harus melakukan berbagai langkah dan pertimbangan terlebih dahulu. Menyerahkan nama penerima BLT Dana Desa kepada masing-masing RT/RW  sesuai dengan kondisi  dan kriteria penerima bantuan yang sebenarnya. Kemudian pada saat musyawarah desa, nama-nama calon penerima BLT akan diverifikasi melalui aplikasi Dinsos apakah mereka menerima bantuan secara langsung atau melalui program yang disediakan oleh tingkat Keyboard Komunitas (mis.subyek yang berhak menerima bantuan PKH/BPNT). Setelah dilakukan verifikasi nama warga bukan penerima bantuan langsung atau program pemerintah, selanjutnya dilakukan pengecekan kriteria kelayakan dan kelayakan warga Desa Cirangkong  apakah memenuhi syarat sebagai penerima bantuan atau tidak sesuai kriteria penerima bantuan. Setelah disepakati siapa  penerima dana BLT Desa, maka Desa akan membuat surat keputusan untuk mengidentifikasi nama-nama warga penerima BLT.

Tahun 2022 lalu sebanyak 96 warga Desa Cirangkong menjadi penerima BLT-DD, sedangkan tahun ini terjadi penurunan menjadi 56 warga. Berdasarkan data tersebut, dapat dikatakan terjadi penurunan penduduk miskin di Desa Cirangkong yang diidentifikasi dari menurunnya jumlah penerima BLT-DD.

BKP16

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler