Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Belajar sambil Bermain: Kampung Kahuripan Cirangkong, Tempat Berlibur sambil Belajar Budaya Sunda

Belajar sambil Bermain: Kampung Kahuripan Cirangkong, Tempat Berlibur sambil Belajar Budaya Sunda

Berekreasi sekaligus belajar yang bernuansa alam pedesaan. Hadirnya wisata ini bukan hanya sekedar untuk hiburan namun lebih kepada mengenalkan budaya sunda kepada masyarakat terlebih anak-anak muda yang jarang tahu mengenai budaya sunda. Berwisata ke sini pengunjung akan disuguhkan beberapa spot foto menarik. Serta berbagai macam aktivitas seru yang bisa mengasah kreativitas anak.

Kampung Kahuripan Cirangkong merupakan  tempat wisata pendidikan yang memiliki berbagai wahana sekaligus alat belajar bagi anak . Terbentuknya Kampung Kahuripan Cirangkong ini berawal dari Desa Cirangkong yang termasuk ke dalam kategori desa tertinggal sehingga Camat yang menjabat pada satu itu berupaya untuk menjadikan desa ini menjadi desa yang lebih maju seperti desa lain yang ada di Kecamatan Cibatu seperti Desa Cilandak dan Desa Cibatu sebagai desa industri. Pemerintah Desa Cirangkong  bersama pihak swasta yang memiliki lahan seluas kurang lebih 10 hektar kemudian membangun wisata ini, seluas 7 hektar dimaksimalkan untuk pembuatan wahana dan sisanya untuk lahan parkir dll. Kahuripan sendiri memiliki arti kehidupan yang mana bertujuan untuk memberikan kehidupan bagi warga sekitar. Nama ini diberikan langsung oleh Bupati Purwakarta pada saat itu. 

Kampung Kahuripan Cirangkong (KKC)

Kampung Kahuripan Cirangkong memiliki banyak arena bermain anak juga tempat rekreasi. Arena bermainnya pun lebih mengutamakan permainan tradisional Jawa Barat seperti gobak sodor, bakiak dan juga egrang. Dalam hal pendidikan juga tempat ini memperkenalkan adanya tanaman obat, kebun binatang mini yang didalamya terdapat hewan yang jinak dan tidak membahayakan seperti bermacam-macam unggas, babi hutan, dan rusa. Adanya panel surya sebagai alat belajar untuk pelajar sd sampai smp. Kampung Kahuripan Cirangkong ini dilengkapi dengan kolam berenang untuk anak dan dewasa, outbond untuk melatih ketangkasan, atv serta sepeda air. Untuk menunjang kegiatan wisata pengunjung Kampung Kahuripan Cirangkong dilengkapi dengan mushola, kantin, toilet serta spot selfie yang tersebar di beberapa titik serta
aula sebanyak 15 sampai 18 aula yang bisa dipergunakan untuk beristirahat pengunjung yang datang, juga bisa disewakan untuk acara. Disini juga terdapat lahan untuk perkemahan yang dapat menampung sekitar 1000 orang serta lahan pertanian seperti padi yang dipergunakan untuk pembelajaran serta praktik bagi pengunjung yang datang. Selama berwisata edukasi anak-anak tidak diperkenankan memegang hp selama proses pembelajaran agak lebih fokus dan dapat menerima ilmu dan menikmati permainan dengan baik.

BKP16

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler